Transformasi Helm Menjadi Identitas Sosial Dalam Menunjang Gaya Hidup (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunitas Helmet Lovers Yogyakarta)
Abstract
Pada mulanya helm digunakan untuk perang. Seiring berjalannya waktu, helm dipergunakan untuk berkendara roda
dua. Helm dan motor tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Helm memiliki pengaruh penting bagi pengedara roda
dua, tidak hanya untuk keselamatan tapi juga gaya hidup. Di Yogyakarta terdapat komunitas pecinta helm import
bernama Helmet Lovers Yogyakarta. Berawal dari kecintaan terhadap dunia otomotif, anggota komunitas rela
membeli helm import yang mahal. Berdasarkan realitas tersebut, riset ini memiliki 2 rumusan masalah: (1)
bagaimana helm bertransformasi menjadi gaya hidup bagi Helmet Lovers Yogyakarta? (2) Bagaimana konstruksi
identitas kelas terbangun dalam Helmet Lovers Yogyakarta.
Riset ini menggunakan teori identitas sosial dan teori gaya hidup. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
riset ini adalah observasi dan wawancara mendalam.
Hasil riset ini menunjukkan konstruksi identitas dalam komunitas Helmet Lovers Yogyakarta terbentuk melalui 3
tahapan: kategori sosial, identifikasi sosial & perbandingan sosial. (1) Kategori sosial dalam Komunitas Helmet
Lovers Yogyakarta berjalan secara dinamis. Identitas Komunitas Helmet Lovers Yogyakarta terbentuk melalui aspek
personal & aspek sosial. (2) Identifikasi sosial dalam Komunitas Helmet Lovers Yogyakarta dapat dilihat dari nilainilai
dalam
komunitas
terbentuk
melalui
komponen
emosional
& kognitif. (3) Perbandingan sosial muncul karena
kehidupan anggota komunitas di luar kegiatan komunitas, utamanya ditunjukkan oleh hobi dan kesukaan anggota
komunitas terhadap dunia otomotif.
Collections
- Communication [975]