Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Radio Berjaringan Studi Deskriptif pada I-Radio Yogyakarta dan Prambors Yogyakarta dalam Menarik Pengiklan Lokal
Abstract
Kresnawan. 05331094. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Radio
Berjaringan.Studi Deskriptif pada I-Radio Yogyakarta dan Prambors
Yogyakarta dalam Menarik Pengiklan Lokal. Skripsi Sarjana. Program Studi
Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam
Indonesia, 2012.
Radio siaran seperti juga media lainnya, hidup dan berkembang dari aktifitas
periklanan.Pengiklan kini tidak mudah menentukan pilihan media mana yang harus
digunakan.Untuk dikenal dalam dunia usaha, radio siaran harus mempromosikan diri.
Yogyakarta sebagai kota yang terus berkembang menjadikan peluang untuk tumbuh
dan berkembangnya industri radio.Berbagai stasiun radio mulai tumbuh, baik lokal
maupun jaringan seperti I-Radio Jogja dan Prambors Jogja. Semakin ketatnya industri
radio di Jogja, menngharuskan keduanya perlu menerapkan strategi komunikasi
pemasaran guna menjaring pengiklan untuk memenuhi kebutuhan operasionalnya.
Hal tersebut yang menjadi permasalahan dalam penelitian. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang telah dilakukan oleh kedua radio dalam
menjaring pengiklan, serta mengetahui apa saja yang menjadi faktor penghambat dan
pendukung aktifitas komunikasi pemasarannya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang menjadi objek
penelitiannya adalah I-Radio Jogja dan Prambors FM Jogja.Teknik pengumpulan
datanya dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka.Berdasarkan hasil
penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pelaku dalam aktifitas komunikasi pemasaran
yang bertanggung jawab adalah divisi marketing atau public relations, namun seluruh
personil kedua perusahaan didorong untuk juga menjadi public relations bagi pihakpihak
yang bekerja sama dengan radio nya. Untuk menjaring pengiklan, aktifitas yang
dilakukan kedua radio sudah meliputi dari program onair dan offair serta melakukan
beberapa atau semua bauran promosi yang ada seperti, periklanan, promosi penjualan,
public relations, personal selling, dandirect marketing. Keduanya merupakan stasiun
radio network yang sangat diperhitungkan di Jogjakarta, namun ada beberapa hal
yang membuat keduanya jauh berbeda. Diantaranya segmentasi dan target pasarnya.
Penelitian ini menemukan fakta bahwa, kedua radio inisangat bertolak
belakang. I-Radio Jogja menerapkan bauran promosi dengan detail dan terarah.
Sedangkan Prambors Jogja Nampak mulai kebingungan menentukan arahnya.
Dengan perubahan format yang diikuti dengan pengurangan beberapa SDM nya
membuat radio ini sedikit kesusahan dalam mendapat pengiklan lokal.
Kata kunci :Strategi, Komunikasi Pemasaran, Integrated Marketing Communication,
Radio Berjaringan, Iklan
Collections
- Communication [964]