Dukungan Perilaku Positif Oleh Guru Untuk Mengurangi Perilaku Mengabaikan Tugas Pada Siswa SMA Negeri 3 Banjarmasin
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji dukungan perilaku positif yang
diterapkan oleh guru untuk mengurangi perilaku mengabaikan tugas pada siswa.
Karena banyaknya permasalahan yang ditemui oleh guru saat mengajar dan
guru belum menemukan upaya yang tepat dalam mengatasi permasalahan
tersebut. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru yang menerapkan dukungan
perilaku positif dan dua orang siswa yang berperilaku mengabaikan tugas yang
diidentifikasi menggunakan ceklist perilaku. Partisipan siswa saat ini sedang
duduk di kelas dua SMA Negeri 3 Banjarmasin.
Pada penelitian ini desain yang digunakan adalah single subject dengan
rancangan O1O2O3O4O5 X O6O7O8O9. Alasan menggunakan desain ini
adalah dapat mengukur target perilaku yang bisa dilakukan secara berulangulang
dengan periode waktu tertentu. Instrumen dalam mengambil data pada
penelitian ini berasal dari ceklist perilaku dukungan perilaku positif dan perilaku
mengabaikan tugas. Hasil analisis data menggunakan analisis visual dan analisis
kualitatif. Dari dua analisis yang dilakukan terindikasi bahwa ada perubahan
perilaku mengabaikan tugas setelah guru menerapkan dukungan perilaku positif
dengan menurunnya frekuensi perilaku.
Intervensi yang diberikan kepada guru berupa pelatihan dukungan
perilaku positif. Guru dilatih oleh psikolog selama dua hari agar menerapkan
dukungan perilaku positif secara tepat sehingga dua orang siswa yang
berperilaku mengabaikan tugas dapat turun frekuensi dan durasi perilakunya.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah dengan guru menerapkan dukungan
perilaku positif perilaku mengabaikan tugas pada siswa menjadi berkurang,
selain itu menyebabkan motivasi siswa dalam belajar menjadi meningkat untuk
mencapai hasil akademik yang memuaskan.
Kata kunci : dukungan perilaku positif yang diterapkan oleh guru, single subject
design, perilaku mengabaikan tugas siswa
Collections
- Master of Psychology [369]