Penerapan Model Pembelajaran Games Based Learning Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Xi Sma Muhammadiyah Boarding School Pada Materi Larutan Penyangga Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar ranah
pengetahuan dan sikap serta minat belajar antara penerapan model pembelajaran
Game Based Learning dan model pembelajaran konvensional pada materi larutan
penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan
Quasi Experimental Design yaitu Posttest-Only Nonequivalent Control Group
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA
SMA Muhammadiyah Boarding School tahun pelajaran 2019/2020 dengan
menggunakan 2 kelas sebanyak 51 peserta didik sebagai sampel penelitian. Teknik
pengumpulan data mengunakan metode tes tertulis untuk variabel prestasi belajar
ranah pengetahuan serta metode non tes angket untuk variabel prestasi belajar ranah
sikap dan variabel minat belajar. Teknik analisis data menggunakan uji statistika
non parametrik tipe Mann-Whitney untuk data prestasi belajar ranah pengetahuan
serta uji statistika parametrik tipe Independent Sample T-Test untuk data prestasi
belajar ranah sikap dan data minat belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara model
pembelajaran Game Based Learning dengan model pembelajaran konvensional
terhadap prestasi belajar ranah pengetahuan pada materi larutan penyangga kelas
XI SMA Muhammadiyah Boarding School tahun pelajaran 2019/2020, 2) Tidak
terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Game Based
Learning dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar ranah
sikap pada materi larutan penyangga kelas XI SMA Muhammadiyah Boarding
School tahun pelajaran 2019/2020, 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan
antara model pembelajaran Game Based Learning dengan model pembelajaran
konvensional terhadap minat belajar pada materi larutan penyangga kelas XI SMA
Muhammadiyah Boarding School tahun pelajaran 2019/2020.
Collections
- Chemistry Education [330]