Hubungan Antara Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Dan Kinestetik) Dengan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Di Sma/Smk/Ma Kabupaten Wonogiri
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar (visual,
auditorial, kinestetik) siswa terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran kimia
di Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian dengan jenis
penelitian korelasional. Sampel diambil dari 45 siswa dari 8 SMA/SMK/MA yang
sedang atau pernah mengikuti pelajaran kimia di Kabupaten Wonogiri. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode non-tes berupa angket atau kuisioner
yang dibagikan secara online dengan menggunakan google form. Teknik analisis
data menggunakan uji statistika non-parametric uji Spearman untuk variabel gaya
belajar (visual, auditorial, dan kinestetik) dan minat belajar. Bedasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
gaya belajar dan minat belajar siswa pada pembelajaran kimia di SMA/SMK/MA
di Kabupaten Wonogiri di mana hasil uji statistika menunjukkan bahwa
signifikansi gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik berturut-turut adalah
0,000; 0,001; dan 0,000 yang mana nilai tersebut < 0,05. Selanjutnya hasil dari
koefisien korelasi menunjukkan bahwa gaya belajar visual dan kinestetik
memiliki hubungan yang kuat terhadap minat belajar yang ditunjukkan dengan
nilai korelasi 0,712 dan 0,683 secara berturut-turut. Sedangkan untuk koefisien
korelasi gaya belajar auditorial memiliki hubungan yang sedang terhadap minat
belajar siswa dengan nilai korelasi 0,452.
Collections
- Chemistry Education [330]