Manajemen Krisis PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat Dalam Penanganan Blackout Tahun 2019
Abstract
Pada bulan Agustus 2019 lalu, PT. PLN mengalami sebuah peristiwa krisis
berupa kasus blackout yang mengakibatkan padamnya listrik di Provinsi Banten,
DKI Jakarta, Jawa Barat dan sebagian lokasi di Pulau Bali. Hal ini berdampak pada
kerugian bagi berbagai pihak seperti konsumen dan tentunya bagi PT. PLN sendiri.
Kerugian yang dialami PT. PLN akibat kasus ini kurang lebih mencapai Rp. 90
miliard. Selain itu, kasus ini juga menimbulkan konflik berupa aksi protes dan
keluhan dari berbagai pihak, bahkan sempat terjadi aksi demonstrasi di beberapa
daerah. Dari dampak tersebut kasus ini juga kemudian berkembang menjadi krisis
bagi perusahaan. Berdasarkan permasalahan tersebut, membuat peneliti tertarik
untuk melihat bagaimana strategi-strategi yang dilakukan oleh PT. PLN dalam
menangani kasus blackout yang terjadi, khususnya di Unit Induk PLN Jawa Barat.
Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang didukung oleh teknik
pengumpulan data berupa observasi langsung ke kantor PLN UID Jawa Barat,
melakukan Wawancara dengan Asisten Manajer Humas PLN UID Jawa Barat,
serta melakukan wawancara dengan 8 orang pelanggan PLN Jawa Barat untuk
dapat melihat kualitas layanan informasi PLN di masa blackout.
Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, Pertama, kasus blackout yang
dialami PLN disebabkan oleh malfungsi transmisi Pemalang-Unggaran akibat
kelalaian pengawasan dan pemeliharaan. Kedua, manajemen krisis yang dijalankan
oleh Humas PLN UID Jawa Barat terintegrasi dengan instruksi dari PLN Pusat di
DKI Jakarta. Didalamnya terdapat 5 (lima) tahapan yang dilakukan yaitu,
pengidentifikasian tanda-tanda krisis, mengurangi faktor-faktor resiko krisis,
pembatasan pada dampak kerusakan akibat krisis, pemulihan kondisi perusahaan,
serta pendataan dan evaluasi terhadap kinerja penanganan sebagai pembelajaran.
Ketiga, selain menggunakan model komunikasi krisis pada umumnya, humas PLN
juga memanfaatan layanan internet sebagai media komunikasi di masa krisis.
Collections
- Communication [975]