Penerapan Model Pembelajaran Make A Match pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia terhadap Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Turi Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya perbedaan yang
signifikan antara penerapan model pembelajaran make a match dengan
pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa pada materi tata nama
senyawa kimia, 2) Mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan penerapan
model pembelajarn make a match dengan pembelajaran konvensional terhadap
aktivitas belajar siswa pada materi tata nama senyawa kimia. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posstest Only Nonequivalent
Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas
X SMA Negeri 1 Turi tahun pelajaran 2019/2020, dengan sampel penelitian dua
kelas yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Pengumpulan data untuk variabel
aktivitas dan motivasi belajar diambil dengan metode non test berupa angket dan
observasi. Teknik analisis data menggunakan uji statistika non parametrik tipe
Mann Whitney untuk variabel motivasi belajar dan uji statistika parametrik tipe
Two Independent Sample T-Test untuk variabel aktivitas belajar pada materi
tatanama senyawa kimia. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1)
Tidak ada perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran make
a match dengan pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa pada
materi tata nama senyawa kimia kelas X SMA Negeri 1 Turi tahun pelajaran
2019/2020, 2)Tidak ada perbedaan yang signifikan antara penerapan model
pembelajaran make a match dengan pembelajaran konvensional terhadap aktivitas
belajar siswa pada materi tata nama senyawa kimia kelas X SMA Negeri 1 Turi
tahun pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Make A Match, Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, Tata Nama
Senyawa Kimia
Collections
- Chemistry Education [328]