Peminatan pada Konten Keislaman dalam Unggahan Aplikasi Youtube (Studi Fenomenologis Mahasiswa PAI UII Angkatan 2016)
Abstract
Era teknologi informasi semakin berkembang pesat, semua kalangan usia dapat mengakses dan memanfaatkan teknologi dengan mudah. Beberapa bagian dari masyarakat kita memanfaatkan Youtube sebagai media untuk menambah wawasan agama, salah satunya yakni Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Sebagai mahasiswa yang mempunyai kewajiban belajar, muncul kesadaran untuk mencari wawasan agama melalui konten keislaman di Youtube.
Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mengungkap pendapat mahasiswa tentang konten keislaman di Youtube. Kedua, mengetahui bagaimana minat mahasiswa pada konten keislaman di Youtube. Ketiga, mengetahui kategori konten keislaman pilihan mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi guna mengungkap minat mahasiswa pada konten keislaman Youtube agar tidak tercampuri persepsi dan prasangka lain diluar diri subyek. Subyek terdiri dari dua puluh orang mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2016 Universitas Islam Indonesia yang merupakan memiliki kebiasaan menonton konten keislaman di Youtube dengan durasi waktu cukup lama. Analisis data yang digunakan tidak lepas dari ciri fenomenologi yakni adanya reduksi data, kategorisasi, penarikan tema sejenis dan masih ada proses lainnya. Keabsahan atau kredibilitas data salah satunya menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pendapat mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2016 pada konten keislaman sangat penting bagi kehidupan saat ini. Minat mahasiswa pada konten keislaman muncul ketika merasa membutuhkan semangat, motivasi, informasi, dan mencari wawasan keislaman. Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2016 Universitas Islam Indonesia mayoritas memilih konten ceramah dengan tema menarik dan durasi waktu yang singkat sebagai konten paling diminati.
Collections
- Islamic Education [882]