STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK DAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KERJASAMA PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang
signifikan penerapan model pembelajaran Pair Check dan Course Review Horay
terhadap prestasi belajar peserta didik aspek pengetahuan; dan 2) mengetahui ada
tidaknya perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Pair Check dan
Course Review Horay terhadap kerjasama peserta didik pada materi Larutan
Penyangga kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan tahun pelajaran 2019/2020. Desain
penelitian ini adalah Quasi Experimental Design yaitu Posstest Only with
Nonequivalent Groups Design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu
peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan tahun pelajaran 2019/2020. Sampel
dari penelitian berjumlah 57 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas
eksperimen 1 dengan model pembelajaran Pair Check dan kelas eksperimen 2
dengan model pembelajaran Course Review Horay. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik tes untuk data prestasi belajar aspek pengetahuan dengan
bentuk instrumen soal objektif (pilihan ganda) sedangkan teknik non tes digunakan
untuk data kerjasama dengan bentuk instrumen lembar observasi. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan yang signifikan
penerapan model pembelajaran Pair Check dan Course Review Horay terhadap
prestasi belajar peserta didik aspek pengetahuan; dan (2) tidak ada perbedaan yang
signifikan penerapan model pembelajaran Pair Check dan Course Review Horay
terhadap kerjasama peserta didik pada materi Larutan Penyangga kelas XI SMA
Negeri 1 Kalasan tahun pelajaran 2019/2020.
Collections
- Chemistry Education [330]