Analisa Faktor-Faktor Marketing Mix yang Mempengaruhi Motivasi Konsumen dalam Membeli Simcard Flexi dari Telkomsel Studi Kasus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin pesat mengakibatkan
banyaknya perusahaan-perusahaan yang ikut bergerak di bidang ini, terutama
perusahaan operator seluler. Industri ini tumbuh dengan sangat cepat selama
beberapa tahun belakangan ini seiring dengan permintaan konsumen yang cukup
tinggi.
Di Indonesia operator seluler banyak dikuasai oleh perusahaan-perusahaan
seperti Telkomsel dengan Simpati, Satelindo dengan Mentari, Excelmindo dengan
ProXL dan Indosat dengan simcard IM3nya. Perusahaan-perusahaan tersebut hampir
mendominasi pasar operator seluler di Indonesia yang berbasis GSM, produk yang
mereka keluarkan pun sangat beragam dan saling memiliki keunggulan dan
kelemahan masing-masing, tetapi seiring dengan banyaknya permintaan dan
teknologi yang terus berkembang maka saat ini dominasi operator-operator seluler
tersebut mulai berkurang, hal ini dikarenakan adanya terobosan baru dengan
hadirnya teknologi CDMA. Teknologi ini sebenarnya sudah cukup lama berkembang
tetapi baru memasuki pasar indonesia dalam berapa waktu belakangan ini, hadirnya
teknologi ini tentu saja tidak dilewatkan oleh para pengusaha-pengusaha yang
bergerak di bidang teknologi komunikasi, salah satunya adalah Telkomsel dengan
produknya simcard Flexi yang berteknologi CDMA.
Dengan berbagai pilihan simcard seluler yang semakin bervariasi, tentunya
konsumen akan dihadapkan pada kondisi sulit untuk menentukan Simcard seluler
apa yang akan dipilih. Masing-masing konsumen mempunyai keinginan, selera dan
pandangan yang berbeda mengenai Simcard yang satu dengan yang lainnya, begitu
juga dengan motivasi pembelian simcard selulertersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor produk, harga,
promosi dan distribusi terhadap motivasi pembelian konsumen, dalam hal ini
khususnya untuk pembelian simcard Flexi dari Telkomsel.
Ihstrumen atau alat pengumpul data yang digunakan adalah metode
kuesioner dengan skala likert, dan metode analisis data dengan menggunakan uji
Validitas, uji realibilitas, uji persamaan regresi berganda, korelasi, uji Fdan uji t dua
arah. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa tanggapan responden terhadap
variabel produk, harga, promosi dan distribusi memberikan pengaruh yang signifikan
terhadap keputusan pembelian konsumen., dan harga adalah variabel yang paling
dominan dalam mempengaruhi motivasi konsumen dalam membeli simcard Flexi
dari Telkomsel.
Collections
- Management [4552]