Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Prestasi Belajar dan Minat Belajar Siswa Kelas X pada Materi Hukum Dasar Kimia di MA Sunan Pandanaran Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pembelajaran model Problem Posing terhadap 1) prestasi belajar, dan 2) minat belajar siswa pada materi hukum dasar kimia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posstest Only Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Sunan Pandanaran dengan jumlah 10 kelas. Sampel penelitian diambil sebanyak 2 kelas yaitu terdiri dari kelas X MIA B sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA J sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari dua yaitu: (1) Instrumen tes berupa soal posttest dalam ranah pengetahuan untuk mengukur prestasi belajar sebanyak 23 butir soal; (2) Instrumen non tes berupa angket untuk mengukur minat belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji non parametrik Mann-Whitney untuk mengukur variabel prestasi belajar siswa dan uji parametrik Independent Sample T-Test untuk mengukur variabel minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Posing terhadap prestasi belajar siswa ranah pengetahuan. (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Posing terhadap minat belajar siswa.
Collections
- Chemistry Education [328]