dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah iklan yang
menggunakan celebrity sebagai endorser cukup memberikan pengaruh
yang positif terhadap sikap konsumen. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah orang-orang yang pernah menyaksikan iklan oli
TOP 1 di televisi di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi UII
Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah 100 responden yang dianggap
telah cukup mewakili populasi yang diteliti. Teknik penarikan sampel
menggunakan metode convenience sampling, maka siapa saja dapat
mengisi angket untuk mewakili populasi. Model analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Analisis Sikap dengan metode Fishbein.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara keseluruhan sikap
konsumen terhadap endorser Iklan Oh TOP 1 di Kalangan Mahasiswa
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta adalah baik.
Dengan indeks sikap sebesar 16,14 yang berada pada rentang 15,41 -
20,20. Dengan demikian terdapat pengaruh yang positif antara dimensi
Attractivenees, Trnshworthinees, Expertise, Power dan Advertising
Believability celebrity terhadap sikap konsumen. Secara parsial sikap
konsumen pada atribut Attractiveness pada endorser Iklan Oli TOP 1 di
Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia
Yogyakarta adalah baik dengan indeks sebesar 17,38. Sikap konsumen
pada atribut Power adalah baik dengan indeks sikap 16,91, sikap pada
atribut Advertising Believeability adalah baik dengan indeks sikap
sebesar 16,10, dan sikap pada atribut Expertise adalah baik dengan
indeks sikap sebesar 15,42. Namun sikap konsumen terhadap atribut
Trustwothmess berada pada kategori cukup dengan indeks sikap sebesar
14,90 yaitu berada pada interval 10,61 dan 15,40. | en_US |