Analisis Koordinasi Lampu Lalu Lintas antara Perempatan Korem dan Pertigaan Terban
Abstract
Sejalan dengan pesatnya laju pembangunan dan meningkatnya
kemakmuran maka jumlah pemilikan kendaraan sebagai alat
transportasi mengalami pertumbuhan yang cepat. Pertumbuhan
pemilikan kendaraan ini harus diimbangi dengan peningkatan
prasarana jalan raya. Sesuai dengan judul penelitian masalah
yang ditinjau adalah koordinasi lampu lalulintas antara
perempatan Korem dan pertigaan Terban yang berhubungan
dengan tingkat pelayanan dan waktu penundaan.
Penelitian ini dilakukan dengan cara menghitung volume
lalulintas jam sibuk dimasing-masing kaki persimpangan dan
kondisi lampu lalulintas yang ada sekarang. Selain itu juga
mengukur geometrik jaIan, kecepatan kendaraan dan aktivitas
parkir.
Hasil analisis menunjukkan tingkat pelayanan F dan
tidak ada koordinasi yang baik antar kedua persimpangan.
Sehingga keadaan ini tak bisa di terima, maka harus diadakan
pemecahan masalah. Setelah dilakukan 2 alternatif pemecahan
masalah, maka alternatif I lebih baik dari pada alteniatif
II. Karena tingkat pelayanan naik menjadi B diperempatan
Korem dengan waktu penundaan 12.322 detik per kendaraan dan
C di pertigaan Terban dengan waktu penundaan 21,96 detik per
kendaraan. Tetapi koordinasi lampu lalu lintas yang baru
belum memuaskan, karena kendaraan yang bergerak melewati
phase hijau pada persimpangan Korem dengan kecepatan konstan
5,4 m/det, tidak selalu dapat melalui pertigaan Terban tanpa
terhenti oleh lampu merah, Begitu juga dari arah berlawanan.
Hal ini disebabkan oleh panjang putaran kedua persimpangan
tidak sama, yaitu disesuaikan dengan volume lalulintas pada
masing-masing kaki persimpangan. Pemecahan masalah tingkat
Pelayanan dari F menjadi B dan C. bisa memperlancar dan
mengimbangi pertumbuhan arus lalulintas selama 3.11 tahun
mendatang.
Collections
- Civil Engineering [4205]