TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT KHUSUS PARU RESPIRA YOGYAKARTA
Abstract
Instansi pelayanan kefarmasian yang baik adalah pelayanan yang berorientasi langsung dalam proses penggunaan obat yang bertujuan menjamin keamanan, efektifitas penggunaan obat. Kepuasan pasien adalah perasaan senang atau kecewa seseorang setelah mendapatkan pelayanan yang telah diberikan. Tujuan dari pelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien dan hubungan karakteristik responden dengan kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi rumah sakit khusus paru Respira Yogyakarta. Penelitian bersifat deskriptif non eksperimental dengan pengambilan sampel secara sistematis random sampling, pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah menggunakan SPSS, dengan uji korelasi sperman rank dan kendall tau. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tingkat kepuasan sebesar 73,61%, pada dimensi daya tanggap (Resposivenes) sebesar 74,35%, dimensi kepastian (Assurance) sebesar 74,05%, dimensi berwujud (Tangible) sebesar 70,68%, dimensi keandalan (Reliabelity) sebesar 77,58%, dan dimensi empati (Empathy) sebesar 71,38%.
Dari hasil penelitian yang telah diuji dengan program SPSS maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan pendidikan dengan tingkat kepuasan.
Collections
- Pharmacy [1444]