Eksploratorium Kimia di Yogyakarta Representasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ke Dalam Arsitektur Melalui Pendekatan Teori Atom
Abstract
Kemajuan dunia pendidikan di Indonesia tidak lepas dari pemenuhan kebutuhan fasilitas-fasilitas yang mendukung kegiatan belajar-mengajar. Dengan disadarinya perkembangan iptek secara global maka kebutuhan dalam mengakomodasi ilmu pengetahuan dan teknologi tidak lepas dari usaha-usaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kuantitas peneliti dalam bidang sains dan teknologi. Salah satu cabang ilmu yang cukup menarik untuk diteliti dan dikembangkan bagi pelajar dan peneliti adalah cabang ilmu kimia.
Dalam Tugas Akhir ini, penulis mengambil Teori Atom yang amat banyak pengaruhnya dalam mempelajari ilmu kimia yang kemudian direpresentasikan ke dalam arsitektur. Teori-teori ini membantu mereka-reka wujud atom sebagai partikel terkecil dari suatu unsur yang sulit dilihat secara kasat mata. Dari hasil penemuan studi tentang teori atom maka terdefinisilah bentuk atom yang banyak mempengaruhi transformasi penampilan bangunan eksploratorium kimia ini. Reaksi-reaksi kimia yang menarik untuk dicermati juga memberikan suatu alur cerita pengalaman ruang pada ruang dalam.
Dengan diangkatnya konsep teori atom pada rancangan eksploratorium kimia ini diharapkan dapat memberikan suatu pemaknaan yang menarik dalam arsitektur dan tentunya tidak terlepas dari bentuk dan fungsi bangunan yang dapat mewadahi kebutuhan bangunan eksploratorium kimia sebagai sebuah fasilitas edukatif, rekreatif dan interaktif.
Collections
- Architecture [3673]