ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN “DESTINASI WISATA HALAL” PADA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN DETIK.COM
Abstract
Dina Ariyani. 12321184. Analisis Framing Pemberitaan Destinasi Wisata Halal Pada Media Online Kompas.com dan Detik.com. program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Universitas Islam Indonesia. 2019
Wisata halal adalah sebuah tempat, wilayah atau area yang spesifik yang dipilih oleh individu atau sekelompok orang dengan tujuan untuk berkunjung dan tinggal dalam beberapa waktu yang dikhususkan untuk pengunjung muslim terutama dalam fasilitas publik, fasilitas hotel dan masalah makanan. Untuk pengembangan wisata di suatu wilayah, membutuhkan strategi tertentu dan dan perlu adanya kebijakan kebijakn tertentu dalam bidang wisata.
Fungsi analisis framing ini adalah untuk melihat bagaimana media membentuk pemberitaan tentang wisata halal, yang kemudian membentuk pesan tertentu pada para pembaca, yang kemudian menimbulkan dampak tertentu baik itu dampak positif maupun negatif. Konsep analisis framing oleh Entman ini digunakan untuk menggambarkan proses seleksi dan dan menonjolkan aspek tertentu dari realitas yang dibangun oleh media massa terumata pada kompas.com dan detik.com.
Collections
- Communication [975]