Game Edukasi Bahasa Arab Berbasis Desktop untuk Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Bahasa adalah suatu sistem simbol lisan yang arbitrer dan dipakai oleh anggota suatu masyarakat untuk berkomunikasi atau berinteraksi antar sesamanya, berlandaskan pada budaya yang mereka miliki bersama. Bahasa kedua adalah bahasa yang digunakan untuk berinteraksi sosial, pengalaman hidup, motivasi, pembelajaran, pekerjaan, komunikasi yang lebih luas dan sebagai bahasa pustaka dalam buku tertentu yang materinya tidak ada pada buku bahasa utama.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Gim Edukasi Bahasa Arab Berbasis Desktop untuk Pendidikan Anak Usia Dini yang menarik sebagai media hiburan dan media pembelajaran.
Permainan ini dikembangkan dengan menggunakan Adobe Animate CC 2018. Gim ini hanya menggunakan 4 tema yang sesuai dengan materi di TKIT Baiturrahim. Metode yang digunakan dalam pengembangan gim ini adalah ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement and Evaluate). Dengan menggunakan gim ini anak-anak dapat belajar bahasa Arab dengan tema yang mudah ditemukan dikehidupan sehari-hari anak. Gim ini mengenalkan beberapa profesi, buah-buahan, bagian tubuh dan benda-benda disekitar rumah dalam bentuk gambar dan suara berbahasa Indonesia dan terjemahan bahasa Arab.
Collections
- Informatics Engineering [2177]