PENERAPAN MODEL RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALASAN PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan pada ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) pada materi Hukum Dasar Kimia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Quasi Experimental Design yaitu Posttest Only with Nonequivalent Groups Design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan tahun pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan 2 kelas sebagai sampel penelitian. Data dianalisis menggunakan uji parametrik Independent Samples T-Test untuk ranah pengetahuan dan ranah sikap, serta uji non parametrik Mann Whitney U untuk ranah keterampilan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan pada ranah pengetahuan, (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan pada ranah sikap, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan pada ranah keterampilan antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) pada materi Hukum Dasar Kimia.
Collections
- Chemistry [556]