IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM OPTIMALISASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS VII DI MTS AL-QODIR CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Pendidikan merupakan suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya dan menimbulkan perubahan dalam dirinya untuk berfungsi secara baik dalam kehidupan masyarakat. Siswa dapat bertumbuh kembang dalam perubahan dirinya dengan baik di sebuah lembaga pendidikan yaitu dengan proses pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode diskusi terhadap hasil belajar siswa di MTs Al-Qodir Cangkringan.
Penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru fikih di MTs Al-Qodir. Objek penelitian ini berupa model implementasi metode diskusi dalam optimalisasi belajar. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu memiliki kriteria tertentu yang dapat memperkuat alasan seseorang menjadi subjek penelitiannya. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode diskusi di MTs Al-Qodir Cangkringan telah berjalan dengan baik. Dalam proses pelaksanaan metode diskusi terdapat langkah-langkah sebagai berikut: Pertama, Persiapan, menentukan topik dan suatu masalah yang menarik, menjelaskan tujuan pembelajaran serta kompetensi yang dicapai, dan membuat 4 kelompok diskusi. Kedua, Pelaksanaan, memberikan materi dan suatu permasalahan untuk di diskusikan, membimbing dan menjaga suasana kelas, mempresentasikan hasil diskusi, memberi pertanyaan dan tanggapan kepada kelompok yang presentasi, memberi uraian tambahan dan memperbaiki apabila ada kesalahan, dan mengumpulkan hasil diskusinya. Ketiga, Respon Siswa, siswa menguasai materi diskusi, memiliki keterampilan bertanya dan menjawab, memiliki rasa ingin tahu, dan aktif dalam diskusi.
Collections
- Islamic Education [882]